Pengertian, Peran dan Fungsi Mahasiswa

Mahasiswa adalah...
Mohon sabar teman-teman, tenang saja pasti akan dikasih tau mahasiswa itu apa. hehehe
Halo teman-teman semuanya,
Kali ini saya membeberkan sedikit tentang Mahasiswa yang mulai dari Pengertian, Peran dan Fungsi Mahasiswa itu sendiri.

MEMAHAMI SECARA MENDALAM APA, SIAPA DAN MAKNA MAHASISWA 


Berbicara tentang mahasiswa akan banyak hal yang dikaitkan dengan itu, mulai dari bangsa, masyarakat, turun kejalan, aksi, kritis, idealisme, intelektual, akademisi, aktivis, politik, struktural, kultural, nilai, moral, attitude, dan masih banyak yang lainnya lagi.


Secara etimologi mahasiswa berasal dari dua suku kata, yakni kata "Maha" dan "Siswa". Kata "Maha" itu berarti Besar, Ter, Paling. Sedangkan Siswa berasal dari kata "Murid" yaitu orang yang mencari pengetahuan ditingka dasar dan menengah, ( SD, SMP, SMA ). Secara sederhana Mahasiswa merupakan Level paling tinggi pada sebuah pendidikan, dan seharusya itu menjadi sebuah Pola Pikir yang juga menjadi yang lebih tinggi lagi dan menjadi kaum intelektual. 


Sedangkan secara Terminologi Mahasiswa merupakan peserta didik yang terdaftar pada perguruan tinggi. Pengertian Mahasiswa menurut Sarwono ( 1978 ) adalah orang yang terdaftar aktif di sebuah perguruan tinggi. Adapun batas umur seorang yang dikatakan mahasiswa 18-30 tahun.


Menurut KNOPFEMACHER (Dalam Sarwono 1978), memberikan pengertian mahasiswa merupakan insan-insan sarjana yang dalam keterlibatannya di perguruan tinggi (yang makin menyatu dengan masyarakat), di didik dan diharapkan menjadi calon-calon intelektual. Mahasiswa adalah seorang agen perubahan dalam masyarakat dan tentunya juga sebagai kontroler dalam pemerintahan. Jadi sebagai seorang mahasiswa harus mampu untuk melakukan perubahan dalam masyarakat disekitarnya dan dapat mengontrol kebijakan-kebijakan pemerintah.


Setelah mengetahui pengertian mahasiswa dari berbagai sumber diatas, menjadi Mahasiswa merupakan sebuah kebanggan dan juga merupakan sebuah tantangan, karena bagaimanapun juga kita harus benar-benar mengetahui kebijakan-kebijakan pemerintah yang mungkin saja ada yang merugikan masyarakat. Mengetahui Pengertiannya saja tidak cukup, kita harus mengetahui peran dan fungsinya mahasiswa itu sendiri.


Peran dan Fungsi Mahasiswa

Sebagai mahasiswa memiliki beberapa peran dan fungsi, ada beberapa macam sebutan yang melekat pada diri mahasiswa, diantaranya: 

1.      Direct Of Change, mahasiswa bisa melakukan perubahan langsung karena SDMnya yg banyak
2.   Agent Of Change, mahasiswa agent perbahan,maksudnya sdm2 untuk melakukan perubahan
3.      Iron Stock, sumber daya manusia dari mahasiswa itu tidak akan pernah habis.
4.      Moral Force, mahasiswa itu kumpulan orang yg memiliki moral yg baik.
5.      Social Control, mahasiswa itu pengontrol kehidupan sosial,contoh mengontrol kehidupan sosial yg dilakukan masyarakat.
Namun secara garis besar, setidaknya ada 3 peran dan fungsi yang sangat penting bagi mahasiwa, yaitu :
Pertama, peranan moral, dunia kampus merupakan dunia di mana setiap mahasiswa dengan bebas memilih kehidupan yang mereka mau. Disinilah dituntut suatu tanggung jawab moral terhadap diri masing-masing sebagai indidu untuk dapat menjalankan kehidupan yang bertanggung jawab dan sesuai dengan moral yang hidup dalam masyarakat.
Kedua, adalah peranan sosial. Selain tanggung jawab individu, mahasiswa juga memiliki peranan sosial, yaitu bahwa keberadaan dan segala perbuatannya tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri tetapi juga harus membawa manfaat bagi lingkungan sekitarnya.
          Ketiga, adalah peranan intelektual. Mahasiswa sebagai orang yang disebut-sebut sebagai insan intelek, jenius, berani, dan jeli haruslah dapat mewujudkan status tersebut dalam ranah kehidupan nyata. Dalam artian menyadari betul bahwa fungsi dasar mahasiswa adalah bergelut dengan ilmu pengetahuan dan memberikan perubahan yang lebih baik dengan intelektualitas yang ia miliki selama menjalani pendidikan, khususnya untuk dirinya sendiri dan umumnya untuk masyarakat luas.

Dari sekian banyak fungsi dan peran mahasiswa seperti yang disebutkan diatas, saya akan mencoba menyimpulkan dengan beberapa kata yang harus dimiliki oleh mahasiswa, diantaranya :
1. Berani
2  Cerdas
3. Intelek 
4. Kritis 
5. Memiliki Nilai
6. Menjunjung Tinggi Moral
7. Turun Kejalan 
8. Membaur dengan Masyarakat
9. Tidak Apatis
10. Memiliki Idealisme
11. Agen Perubahan
12. Kontrol Kehidupan Masyarakat
13. Struktural
14. Terorganisir
15. Bertanggung Jawab

Seiring berjalannya waktu, bahwa Mahasiswa itu memang harus benar-benar berguna bukan hanya dalam hal akademi, melainkan banyak sisi yang harus diperhatikan untuk manjadi peduli, dan penuh rasa tanggung jawab. 
Salah satu bukti bahwa Mahasiswa melakukan perubahan bisa dilihat pada sejarah tragedi 1998, dimana Mahasiswa Indonesia bersatu untuk melawan rezim pemerintahan, melahirkan Reformasi dan SUMPAH MAHASISWA INDONESIA.

SUMPAH MAHASISWA INDONESIA
Kami Mahasiswa Indoneisa Bersumpah :
Bertanah Air Satu, Tanah Air Tanpa Penindasan.
Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah :
Berbangsa Satu, Bangsa Yang Gandrung Akan Keadilan
Kami Mahasiswa Indonesia Bersumpah :
Berbahasa Satu, Bahasa Tanpa Kebohongan.

Sudah saatnya kita mahasiswa memulai untuk intropeksi diri apakah kita masih memaknai diri kita sebagai mahasiswa, dan sudah berfungsi dan berperan sebagimana mestinya ?
atau Kita termakan oleh sistem yang membuat kita semakin jauh dari kemajuan dan mungkin akan mati tertelan oleh ketidakadilan dan kita hanya bisa terdiam ? Mari kita renungkan. 





Artikel Terkait : 

Komentar