Bisnis Untuk Mahasiswa 2017/2018 Tanpa Modal Besar

Hallo teman-teman tercinta semuanya, kembali lagi bersama blog tercinta ini untuk kebaikan kita semua semoga saja.
Kali ini saya akan membagikan beberapa Jenis Bisnis yang bisa dilakukan oleh siapapun juga tanpa mengeluarkan banyak modal atau bahkan tanpa modal khususnya Mahasiswa pada tahun 2017 / 2018. Artikel kali ini akan sedikit panjang dan membutuhkan waktu yang lama untuk selesai membacanya, maka dari itu saya sarankan pada teman-teman semuanya untuk menyiapkan kopi atau teh dan jangan lupa juga makanan ringan kesukaan teman-teman semuanya agar tidak terasa membosankan. Oke... kalau sudah disipakan, mari kita mulai.

Bisnis Untuk Mahasiswa 2017 / 2018 Tanpa Modal Besar

Kaum Mahasiswa sering disebut sebagai kaum yang super sibuk. Aktivitas mereka tidak hanya dihabiskan didalam ruang kelas untuk belajar. Mereka juga sering melakukan praktikum di laboratorium, penelitian lapangan, menjalankan Organisasi ataupun menjalankan Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) di kampus mereka masing-masing. Dari banyaknya kesibukan dan kegiatan maupun tugas dari kampus, seringkali mahasiswa mengeluh soal keuangan, sehingga membutuhkan uang tambahan tanpa berharap terlalu banyak pada pemberian Orang Tua. Selain dikenal sebagai kaum yang super sibuk, mahasiswa juga merupakan kaum yang hampir mulai memasuki dunia nyata, maka harus siap dengan segala jenis cobaan kehidupan.
Solusi untuk mahasiswa yang mengalami keluhan terhadap keuangan bisa memulai beberapa bisnis yang akan disajikan dibawah ini.

1. Bisnis Jasa Penulis
Pernahkah teman-teman menyangka dengan menulis bisa mendapatkan uang, Tapi disini dalam konteks menulis yang saya maksudkan adalah menulis sesuai aturan, sudah tau belum bagaimana menulis trus mendapatkan uang dengan mudah, caranya adalah menjadi penulis artikel blog. Banyak sekali penyedia bloger yang membutuhkan tulisan berkualitas untuk mengisi blognya agar bisa di baca oleh pengunjung, kenapa para bloger membutuhkan penulis dari luar, karena seorang bloger bisa mempunyai lebih dari 1 blog yang di kelolanya. Dengan menawarkan menjadi penulis di dalam blog tersebut anda berkesempatan melatih kemampuan menulis dan mendapatkan uang.

2. Bisnis Jualan Pulsa Elektrik / Paket Data
Bisnis Pulsa elektrik memang tidak ada matinya. Bisnis ini sudah dijalankan oleh banyak mahasiswa sejak adanya telepon seluler mulai populer. Bisnis tersebut bisa dijalankan oleh siapa saja dengan modal yang sedikit. Hanya dengan Rp 100.000,-, teman-teman bisa melakukan deposit untuk pulsa dan mendapatkan keuntungan hingga Rp 20.000,-. Namun, telepon seluler yang sudah semakin canggih dan dilengkapi fitur internet, jual pulsa elektrik harus disertai dengan jual kuota internet. Hal ini dikarenakan kebutuhan untuk menjelajahi internet lebih tinggi dibandingkan untuk telepon dan SMS. Untuk mendaftar menjadi agen ataupun memulai Bisnis ini teman-teman hanya membutuhkan pergi ke konter-konter yang menyediakan jasa agen pulsa, biasanya pada konter-konter besar sudah pasti ada. 

3. Bisnis Jualan Online / Online Shop
Pada dasarnya Jualan Online tidak membutuhkan modal yang berarti, karena yang dibutuhkan modal awal hanyalah sebuah telepon seluler atau Handphone yang sudah memiliki fitur internet. Jualan online yang bisa dilakukan oleh teman-teman ada dua cara yakni dengan cara Reseller ataupun Dropshipper.
Reseller terdiri dari kata “re” dan “seller” yang artinya menjual kembali. Reseller merupakan orang yang membeli produk pada agen besar atau produsen dengan jumlah besar dan harga yang lebih murah dari harga jual di pasaran. Nantinya produk tersebut tidak akan digunakan melainkan untuk dijual kembali sesuai dengan harga jual di pasaran. Reseller bisa memasarkan berbagai macam produk seperti pakaian, kosmetik, makanan dan masih banyak lagi.
Dropshipper berbeda dari reseller meski pun pekerjaan seorang dropshipper adalah menjualkan barang. Dropshipper merupakan orang yang menjual suatu produk, tetapi tanpa perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu. Produk tersebut ada di tangan produsen atau agen besar. Tugas seorang dropshipper hanya mempromosikan produk ke pembeli, menerima order pembeli dan mengirimkan data orderkan ke produsen atau agen. Produk yang dikirim dari agen akan dikirim langsung ke rumah pembeli di bawah nama pemilik bisnis, bukan nama produsen atau agen. 

4. Bisnis Jasa Penerjemah
Bisnis jasa penerjemah termasuk bisnis yang simpel sehingga banyak mahasiswa yang telah memulai bisnis ini karena hanya membutuhkan keterampilan serta tidak membutuhkan modal yang besar dan banyak peralatan. Cukup menyediakan perangkat ketik semisal laptop, gadget, atau komputer. Bisnis ini tidak terbatas hanya untuk mahasiswa, tetapi bisa juga untuk pelajar atau orang umum yang memerlukan jasa penerjemah. Untuk memulai bisnis ini, diperlukan kemahiran berbahasa asing. Bisnis ini sangat cocok dijalankan mahasiswa jurusan bahasa, seperti bahasa Inggris, bahasa Jepang, bahasa Belanda, bahasa Mandarin, dan bahasa lainnya.

5. Bisnis Editing Video
Keahlian yang sedikit saja dalam editing video, bisa teman-teman tawarkan untuk teman ataupun kegiatan di kampus yang membutuhkan video pembuka untuk acaranya. Pada awalnya akan susah untuk memberi tahu bawa teman-teman bisa edit video dengan bagus, tapi jika video teman-teman sudah tampil sekali saja dan di lihat oleh mereka dan mereka mengatakan bagus, anda gak usaha promosi lagi, pasti akan dicari, selain dari itu teman-teman juga bisa melakukan promosi lewat akun Youtube teman-teman.

6. Bisnis Fotografi dan Video 
Bisnis untuk mahasiswa yang berikutnya adalah bisnis yang berhubungan dengan hobi, yaitu bisnis jasa fotografi dan video. Banyak orang yang suka difoto dan direkam aktivitasnya karena hasilnya menjadi memori yang diabadikan. Bisnis ini berpotensi besar kalau diatur dengan baik. Untuk memulai bisnis ini, teman-teman harus mempunyai keahlian dalam menyusun gambar atau video.

 7. Bisnis Menjadi Blogger 
Ini adalah peluang bisnis yang berpotensi membuat seorang mahasiswa ketagihan dan malas kuliah. Hati hati jika menjadi bloger, karena uang yang di hasilkan bisa sampai puluhan hingga ratusan juta perbulan. Usahakan berlatih dan menjadi bloger dengan menulis artikel bahasa inggris, selain mengasah kemampuan menulis teman-teman juga melatih kosa kata yang baik dan benar, kenpa saya tidak merekomendasikan nulis pakai bahasa indonesia, Karena jika nulis pakai bahasa indonesia itu uangnya kecil, tetapi tidak ada salahnya juga, banyak blogger yang menulis bahasa indonesia bisa sukses, asalkan harus bekerja lebih keras. dan mampu menguasai trik trik terupdate. pelajari dan pelajari.

8. Bisnis Youtuber
Bisnis berikutnya adalah menjadi Youtuber. Mahasiswa yang kreatif dan banyak ide dapat memanfaatkan Youtube sebagai sebuah peluang usaha menambah penghasilan.
Cukup dengan kamera sebuah smartphone, buat video yang menghibur atau berguna bagi orang lain, buat akun channel di Youtube, kemudian unggah dan monetasi video dengan  Google Adsense dan selesai.
Teman-teman dapat membuat video stand up comedy, video tutorial, video parodi dan sebagainya.

9. Bisnis Bimibingan Belajar / Kursus Privat
Sejauh ini selalu ada saja mahasiswa yang membutuhkan bantuan orang lain yang lebih menguasai mata kuliah tertentu untuk menaikkan Indeks Prestasi (IP). Tentu ini adalah peluang yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan bisnis bimbingan belajar. Bisnis ini dapat dilakukan sendiri atau bersama orang lain yang kompeten dalam bidang tersebut. Dalam menjalankan bisnis bimbingan belajar, sebaiknya jangan hanya terbatas pada bidang akademis. Bisnis ini dapat dikembangkan hingga bidang non akademis, seperti mengemudi, olah vokal, renang, bermain gitar, dan sebagainya. Sewaktu menjalankan bisnis ini, perlu kesabaran ekstra dalam memberikan bimbingan.
Selain itu teman-teman juga bisa menjalankan bisnis les privat, yaitu bisnis untuk memberikan pelajaran les privat kepada beberapa anak, mulai SD, SMP, sampai SMA, tergantung keterampilan. Misalnya, mahasiswa jurusan ilmu eksak atau sains dapat memberikan pelajaran biologi, kimia, matematika, atau fisika. Bahkan, dapat memberikan pelajaran yang bersifat umum semisal bahasa Inggris. Bisnis ini memberikan dua keuntungan, yaitu menambah uang saku dan memperdalam penguasaan materi. Biasanya bisnis ini laris ketika akan diadakan ujian nasional (UN). Sebab ada banyak anak yang ingin makin memperdalam mata pelajaran yang diujikan secara nasional melalui les privat.

10. Bisnis Jasa Desain
Bagi teman-teman yang senang dengan desain grafis serta mempunyai keahlian, teman-teman dapat memulai bisnis jasa desain grafis dengan menawarkannya kepada teman-teman yang lain atau mungkin dosen. Bisnis ini menuntut keterampilan mahasiswa dalam mengoperasikan software semisal Photoshop atau Corel Draw  untuk melakukan desain grafis. Dengan ketrampilan desain yang dimiliki, teman-teman dapat memperoleh banyak untung dari klien teman-teman dalam mengerjakan tugas desain grafis, jasa desain kaos, jasa desain website, jasa edit foto, dan jasa desain lainnya.

11. Bisnis Membuat Game dan Menjual Game
Sekarang ini membuat aplikasi game tergolong mudah, tidak diperlukan bahasa pemrogaman dan coding yang cukup rumit. Membuat game bisa dengan bantuan software khusus seperti Buildbox dan Eclipse. Menggunakan software ini juga cukup mudah, teman-teman hanya perlu melakukan system drag dan drop, lalu game baru akan segera muncul. Jika cukup seru, game tersebut bisa dipajang di Playstore atau Appstorre. Jika teman-teman berstatus mahasiswa jurusan Teknik, ini adalah awal yang baik untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah di dapat. Bisnis seperti ini cukup menguntungkan, terlebih jika teman-teman bisa menjualnya di Playstore. pengguna Android akan sangat menantikan Game yang bagus dan terbaru.

12. Bisnis Jualan Kebutuhan Kuliah
Banyak sekali mahasiswa pada saat ini menginginkan segala sesuatu secara instan, ini adalah peluang untuk teman-teman yang mau sedikit berkorban waktu dan tenaga teman-teman. Pada saat ini akan banyak kebutuhan kuliah yang mengharuskan mahasiswa keluar dari kampus dengan jarak tempuh yang lumayan jauh, dan akan membuat mereka malas untuk keluar, dan di saat sperti itu teman-teman mengambil kesempatan dengan cara menawarkan bantuan pada mereka kolektif untuk membeli kebutuhan kuliah dan teman-teman berangkat dengan membeli kebutuhan tersebut, dengan cara kolektif seperti itu, teman-teman bisa menaikkan harga yang tidak terlalu banyak, dan bisa menjualnya lagi di kampus teman-teman, selain itu keuntungan juga bisa teman-teman dapatkan dari diskonan yang teman-teman minta pada toko karena teman-teman sudah membeli barang dalam jumlah yang banyak. Pintar-pintarlah dalam mencari peluang dan teman-teman juga harus pintar dalam menawarkan.

13. Bisnis Jualan Makanan Kecil
Jika kantin kampus letaknya cukup jauh dari ruang kuliah, ada sebuah bisnis yang dapat dijalankan, yaitu bisnis menjual makanan kecil. Peluang bisnis ini muncul saat pergantian mata kuliah dan ada waktu jeda singkat di antaranya. Momen ini adalah peluang untuk berjualan makanan kecil di ruang kelas. Sebab makanan kecil, seperti snack dan air mineral sangat dibutuhkan untuk mengganjal perut yang lapar ketika sedang kuliah.

14. Bisnis Makelar Properti
Jika teman-teman seorang mahasiswa yang memiliki waktu libur lebih banyak, teman-teman bisa mencoba usaha jasa makelar di bidang Properti. Sekarang ini, sektor properti begitu berkembang dari kota besar, hingga ke kota berkembang. ini berarti, peluang usaha di bidang Properti terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Teman-teman bisa coba untuk menawarkan jasa untuk berpromosi mengenai sektor properti yang memang sedang dijual. Teman-teman bisa mendapatkan informasi tentang properti ini dari Developer yang bersangkutan. saat ada klien yang ternyata berminat dan berhasil melakukan pembelian lewat jasa makelar teman-teman, teman-teman bisa mendapatkan keuntungan, setidaknya 5% dari harga Properti tersebut.

15. Bisnis Online Programer Web dan Blogger
Untuk teman-teman jurusan Teknologi Informasi (TI), ada bisnis online yang sangat cocok dijalankan. Jasa yang ditawarkan berhubungan dengan mata kuliah yang dipelajari, yaitu bisnis online programmer web dan blogger. Teman-teman dapat membuat situs, blog, atau e-commerce yang menghasilkan pemasukan pasif.
Ada banyak cara monetize blog, seperti ikut Pay-Per-Click (PPC), pasang iklan, atau menjual produk dari blog. Jika situs/blog tersebut banyak dikunjungi dan mendapat tempat di hati pembaca, berikan penawaran kepada perusahaan yang memiliki relevansi dengan konten yang dimuat untuk beriklan di halaman utama. Dengan begitu, perusahaan tersebut akan dikenal pembaca situs/blog dan teman-teman mendapat keuntungan.

16. Bisnis Jasa Service Laptop/Komputer
 Bisnis selanjutnya yang dapat menghasilkan uang adalah bisnis jasa servis laptop/komputer. Bisnis ini cukup potensial karena mahasiswa sebagian besar telah memiliki laptop saat ini. Namun, bisnis ini hanya dapat dijalankan orang yang mengerti atau mempunyai keterampilan soal hardware dan software. Selain membutuhkan keterampilan soal hardware dan software, diperlukan juga peralatan perbaikan, seperti obeng, tang, dan alat-alat lainnya. Bisnis ini dapat dipromosikan kepada teman-teman kuliah, bahkan tidak menutup kemungkinan membuka jasa servis untuk umum.

17. Bisnis Jasa Tour & Travel
 Untuk teman-teman yang senang dengan wisata alam dan melakukan traveling, serta dapat merencanakan perjalanan wisata maka dapat memulai bisnis jasa tour and travel ke tempat wisata dalam negeri ataupun luar negeri. Bisnis ini memberikan keuntungan ganda, yaitu keuntungan berupa uang dan keuntungan dapat ikut merasakan wisata. Bisnis ini dapat dimulai dengan mengumpulkan mahasiswa yang ingin liburan, bahkan dapat dikembangkan dengan melayani tour orang umum.

18. Bisnis Jual Barang Bekas
Bagi teman-teman yang memiliki barang bekas, saat ini sangat potensial untuk mennjual barang bekas, karena banyak orang yang menginginkan barang bekas dan diutamakan barang bekas yang Original ya teman-teman.

19. Bisnis Jasa Jual / Buat Kaos
Bagi teman-teman semuanya bisa memulai bisnis yang satu ini tanpa mengeluarkan uang sepeser pun, karena teman-teman hanya perlu mempromosikan bahwa teman-teman bisa membuat kaos, dan teman-teman bisa melanjutkannya dengan memberikan pesanan kepada orang yang sudah memiliki tempat prosuksi itu sendiri. Ini merupakan salah satu cara yang saya pakai ketika kuliah dan sampai sekarang saya masih menggunakan jasa ini dan syukur sudah memiliki tempat roduksi pakaian sendiri. 

20. Bisnis Penulis Lepas
Jika teman-teman suka menulis dan mempunyai kemampuan menyampaikan ide dalam bentuk tulisan, menjadi penulis lepas dapat menjadi bisnis terbaik. Bisnis ini mudah dikerjakan dan nyaris tanpa modal. Sebab yang dibutuhkan hanya kemampuan menulis, kreativitas, dan imajinasi. Di samping itu, bisnis ini dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa terikat waktu. Bentuk tulisan yang ditawarkan sangat bervariasi, misalnya artikel umum dengan berbagai topik hingga tulisan kreatif semisal puisi dan cerpen. 
 
Mulai berbisnis sejak di bangku kuliah memiliki banyak manfaat. selain kita banyak belajar tentang bagaimana memulai bisnis dengan baik, kita juga bisa belajar untuk terus melakukan Inovasi dan selalu kreatif dalam menciptakan sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai jual. karena berbisnis akan memerlukan kerja sama orang lain, maka jaringan pertemanan kita juga bisa lebih luas lagi. memulai usaha atau bisnis sejak masih mahasiswa juga akan mempermudah arah tujuan kita di masa depan nanti. 20 Bisnis Untuk Mahasiswa di Tahun 2017 / 2018 Tanpa Modal Besar ini semoga bisa memberikan inspirasi untuk teman-teman yang ingin mulai berbisnis. Semangat, Tekun, Pantang Menyerah, Tidak cepat Puas, & Menabunglah.



Artikel Terkait :


Komentar